MENGENAL JARINGAN KOMPUTER

Share:
MENGENAL JARINGAN KOMPUTER

STAND ALONE adalah sutu ungkapan yang dikatakan orang - orang ketika komputer mereka tidak terkoneksi dengan internet (ngeness) .oleh karena itu jaringan komputer sangatlah diperlukan agar komputer kita tidak sendiri lagi . 

lah dalam suatu jaringan komputer terdapat beberapa bagian yaitu manfaat , topologi , dan jenis jenisnya 

oke pembahasan pertama kita yaitu tentang MANFAAT dari JARINGAN KOMPUTER 

MANFAAT JARINGAN KOMPUTER antara lain adalah :

1. sharing data lebih cepat dari sebelumnya .
        Di era yang secannggih ini kita tidak susah lagi untuk sharing file , tidak seperti dulu yang harus dilakukan secara manual di era ini kita tinggal connect internet lalu kita tinggal kirim file lewat medsos atau apalah yang bisa buat ngirim file .

2. mudah untuk berkomunikasi walaupun jarak jauh sekalipun 

3. lebih banyak refrensi jika kita bingung 

nah itulah beberapa manfaat dari jaringan komputer kita sekarang beralih ke TOPOLOGI JARINGAN KOMPUTER

ada bebrapa topologi jaringan komputer tpi kita hanya akan membahas yang sering kita temui saja yaaa

1. TOPOLOGI BUS

Hasil gambar untuk TOPOLOGI BUS

Dalam topologi bus terdapat beberapa kelebihan dan kekurangannya :
KELEBIHANNYA :

1. Mudah diterapkan 
2. muarah biaya 
3. dan mudah untuk dikembagkan lagi 

KEKRURANGAN :

1. Mudah terkena collusion 
2. deteksi kesalahan sangatlah susah 
3. datanya antre gara- gara tingkat lalulintas tinggi

TOPOLOGI STAR 

Hasil gambar untuk topologi bus star ring

TOPOLOGI STAR itu adalah topologi yang focus terhadap satu node saja yaitu node tengah yang biasa diisi posisinya oleh switch atau hub dan yang lainnya sebagai perangkat yangterhubung.

KELEBIHANNYA :

1. Mudah diimplementasikan 
2. mudah untuk mengembangkannya 
3. mudah identifikasinya 

KEKURANGANNYA :

1. KONTROL TERPUSAT jadi kalau node tengah mati , maka hancurlah peradaban jaringan itu
2. MAHAL 
3. PERLU PENANGANAN KHUSUS


Jenis-jenis Jaringan Komputer PAN, LAN, MAN dan WAN - Sebelum kita membahas tentang Jenis-jenis jaringan komputer PAN, LAN, MAN dan WAN, kita harus mengetahui pengertian dari jaringan komputer itu sendiri. kali ini blogsolu akan membagikan artikel yang membahas tentang JENIS JENIS JARINGAN KOMPUTER
Pengertian dari jaringan komputer secara umum adalah hubungan antara dua atau lebih sistem komputer melalui media komunikasi untuk melakukan komunikasi data satu dengan yang lainnya. Nah dalam jaringan komputer memiliki beberapa jenis. Dari jaringan yang sederhana sampai jaringan yang mencakup secara luas. Silahkan simak apa saja jenis-jenis jaringan pada komputer dibawah ini :

Jenis-jenis Jaringan Komputer


1. PAN (Personal Area Network)
Jenis-jenis Jaringan Komputer PAN, LAN, MAN dan WAN

PAN adalah singkatan dari personal area network. Jenis jaringan komputer PAN adalah hubungan antara dua atau lebih sistem komputer yang berjarak tidak terlalu jauh. Biasanya Jenis jaringan yang satu ini hanya berjarak 4 sampai 6 meter saja. Jenis jaringan ini sangat sering kita gunakan. contohnya menghubungkan hp dengan komputer.

2. LAN (Lokal Area Network)
Jenis-jenis Jaringan Komputer PAN, LAN, MAN dan WAN

LAN adalah singkatan dari lokal area network. Jenis jaringan LAN ini sangat sering kita
temui di warnet-warnet, kampus, sekolah ataupun perkantoran yang membutuhkan hubungan atau koneksi antara dua komputer atau lebih dalam suatu ruangan. 

3. MAN (Metropolitan Area Network)


Jenis-jenis Jaringan Komputer MAN

MAN singkatan dari metropolitan area network. Jenis jaringan komputer MAN ini adalah suatu jaringan komputer dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi yang menghubungkan suatu lokasi seperti sekolah, kampus, perkantoran dan pemerintahan. Sebenarnya jaringan MAN ini adalah gabungan dari beberapa jaringan LAN. Jangkauan dari jaringan MAN ini bisa mencapai 10 - 50 kilo meter.

4. WAN (Wide Area Network)
Jenis-jenis Jaringan Komputer WAN

WAN singkatan dari wide area network. WAN adalah jenis jaringan komputer yang mencakup area yang cukup besar. contohnya adalah jaringan yang menghubugkan suatu wilayah atau suatu negara dengan negara lainnya.

  • Berdasarkan Kecepatannya

1. Jaringan komputer dengan kecepatan rendah (low speed network). Jaringan dengan kategori ini biasanya memiliki kecepatan kurang dari 1 Mbps dan jarang digunakan oleh perusahaan-perusahaan pengguna jaringan. Kategori ini hanya untuk percobaan di laboratorium jaringan komputer.

2. Jaringan dengan kecepatan sedang (medium speed network). Kategori jaringan dengan speed midle ini adalah berkisar 1-20 Mbps. Kategori ini dapat digunakan oleh perusahaan kecil yang tidak terlalu mementingkan kecepatan transfer data. Bermodalkan ethernet card, NIC (atau kartu jaringan 10 Mbps). Kabel coaxial, conector RG 58, dan T conector (HUB), kita sudah dapat membangun jaringan dengan kategori ini.

3. Jaringan komputer kecepatan tinggi (high speed network). Kecepatan lebih dari 20 Mbps termasuk dalam kategori ini. Transmisi data tidak hanya berupa teks, tetapi bisa juga berupa gambar. Teknologi lokal network untuk kategori ini diantaranya adalah FDDI, ATM, 100 VG any Lan, dan ethernet.

4. Jaringan komputer sangat cepat (super high speed network). Sering dipakai oleh perusahaan-perusahaan yang membutuhkan jaringan komputer pada umumnya. Hingga saat ini kecepatan yang bisa dicapai adalah 10 Gbps. Dengan kecepatan ini, tidak hanya data teks dan grafis saja, tetapi bisa juga dilewati oleh voice dan video, bisa juga dilalui oleh streaming video. Teknologi jaringan yang digunakan ialah ethernet dan fiber.

Mungkin hanya ini yang bisa saya sampaikan
Sekian & Terima kasih

http://www.faiz16f.io

Tidak ada komentar